PEMANTABAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 REVISI OLEH PENGAWAS KEMENAG KABUPATEN JOMBANG

Sabtu, Oktober 08, 2016 |




Jombang (MAN Jombang), Jum’at (7/10) Kegiatan pembinaan di MAN Jombang oleh Pengawas dari Kantor Kemenag Kabupaten Jombang tentang pemantaban Implementasi Kurikulum 2013 Revisi. Acara ini bertempat di ruang guru yang dimulai pukul 13.00 sampai 15.30 wib.

Acara ini dibuka secara langsung oleh Kepala Madrasah Syamsul Ma’arif, Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pengawas dari Kemenag Kab. Jombang Ali Said yang telah berkenan hadir di MAN Jombang.

Pada acara inti Bapak Pengawas Ali Said menyampaikan penjelasan tentang  Kurikulum 2013 yang sudah direvisi diantaranya, nama Kurikulum 2013 diganti dengan K13 Revisi, KI.1 dan KI.2 ditiadakan disetiap maple, dan hanya Agama dan PPkn, Jika ada 2 nilai praktek, maka diambil yang tertinggi, Pendekatan Scientific bukan satu-satunya dan susunanya boleh tidak urut, K13 Revisi lebih sederhana, ada beberapa istilah yang berubah seperti Uh menjadi Penilaian Harian, UAS menjadi Penilaian Akhir Semester dan tidak ada UTS, RPP boleh tidak menyebutkan nama metode dan materi, Skala penilaian 1-100, Remidi untuk siswa yang kurang tetapi sebelumnya harus diberi pembelajaran ulang. Selain itu kelengkapan yang harus dimiliki guru antara lain Buku Kerja 1, Buku Kerja 2, Buku Kerja 3 dan Buku Kerja 4.

Selain penjelasan tentang revisi K13, pada pertengahan acara diputarkan video pembelajaran, dan Bapak/ibu Guru diminta untuk mengkritisi pembelajaran tersebut, dengan harapan setelah mengetahui kelemaha-kelemahan pembelajaran yang ditayangkan, Bapak/Ibu Guru bisa melengkapi langkah-langkah pembelajaran yang benar. –(ifz)

0 komentar:

Posting Komentar