PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA, MAN JOMBANG ADAKAN ESQ UNTUK KELAS X

Selasa, September 27, 2016 |



Jombang, (MAN Jombang), 26/9 MAN Jombang kembali mengadakan ESQ (Emotional Spiritual Quotient). Kegiatan ini merupakan program rutin tahunan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mengembangkan karakter siswa yang terfokus pada kecerdasan emosi dan spiritual, yang selama ini kedua potensi tersebut terpisah dan tidak didayagunakan secara optimum untuk membangun sumber daya manusia, akibatnya terjadi krisis moral dan split personality yang berdampak pada menurunnya semangat dan motivasi belajar siswa dan pada akhirnya mereka menjadi manusia yang kehilangan makna dan tidak mengenal jati dirinya. 

ESQ dengan sasaran siswa kelas x dimaksudkan bahwa siswa kelas x merupakan awal pembentukan konsep diri.  Kegiatan ini dilakukan dalam 2 sesion yang dimulai jam 08.00 wib untuk kelas X IPA dan BAHASA dan jam 10.00 wib untuk kelas X IPS dan AGAMA. Acara ini dibuka secara langsung oleh Waka Kurikulum Bapak Sutaji yang mewakili Bapak Kepala Madrasah, dan dilanjutkan dengan acara inti ESQ yang disampaikan oleh A.Zubaidillah  seorang Psikolog. Dalam pemberian materi ESQ Beliau  juga menyampaikan materi tentang Self Image, yaitu menata diri sendiri dalam mempersiapkan masuk Perguruan Tinggi Negeri dan masa depan.

Pada waktu yang bersamaan, Man Jombang juga menyelenggarakan  Tes Bakat Minat untuk kelas XII. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari bakat dan minat siswa dalam mempersiapkan masuk Perguruan Tinggi. Untuk tes bakat minat dilaksanakan di kelas masing- masing mulai jam 08.00 sampai 11.00 wib. Adapun untuk Tes bakat minat  MAN Jombang mengundang dari Lembaga Psikologi PADMANABA Surabaya. –(ifz/Mdn)

0 komentar:

Posting Komentar