MENYIKAPI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MAN JOMBANG ADAKAN PELATIHAN QUIPPER DAN ROBOTIK

Selasa, September 06, 2016 |


Jombang (MAN Jombang), Pemanfaatan teknologi dibidang edukasi menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas pembelajaran di MAN Jombang, oleh karena itu pada hari Senin,  05 September MAN Jombang mengadakan dua pelatihan untuk guru dan siswa yaitu Quipper dan Robotik.

Pelatihan Quipper ini diikuti oleh semua dewan guru yang bertempat di ruang kantor guru dan untuk seluruh siswa kelas XII yang bertempat di kelas masing-masing. Pelatihan Quipper  ini bertujuan untuk pembelajaran berbasis IT dan persiapan UNBK. Tutorial pelatihan Quipper didatangkan dari lembaga Quipper Indonesia yang ada di Jakarta.

Pada waktu yang bersamaan MAN Jombang juga mengadakan pelatihan Robotik untuk kelas X dan XI. Jenis pelatihannya adalah Robotik Hidrolik dan Spaghetti Structure Challenge. Instruktur pelatihan Robotik MAN Jombang mengundang dari UWIKA (Universitas Widya Kartika) Surabaya yang diketuai oleh Bapak Agustinus Dosen Teknik Sipil yang bekerjasama dengan Edu Science Club yang diketuai oleh Bapak Didik Purwanto (Dosen Teknik Sipil UWIKA). Pelatihan Robotik ini bertujuan untuk mengenalkan pada siswa teknologi Robotkik, merangsang siswa berpikir sistematis, meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa, meningkatkan ketrampilan imajinasi dan kreatifitas, melatih kerjasama dalam kelompok,dan meningkatkan kepercayaan diri, melatih kesabaran dan ketekunan. Dalam pelaksanaannya peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, dimana satu kelompok terdiri dari dua orang, yang terdiri dari 55 tim untuk Robotik dan 24 tim untuk Spaghetti. Dari hasil kreativitas peserta baik Robotik maupun Spaghetti diambil 3 tim pemenang juara 1,2, dan 3. Dan mereka yang lolos menjadi juara akan dikirim dalam lomba Robotk Tingkat Jawa Timur. (-ifz)

0 komentar:

Posting Komentar