Siswa Kelas X Melaksanakan Ujian Praktek Conversation di Bali dan Jogja

Rabu, Mei 04, 2016 |

Senin, 2 Mei 2016, sebanyak 410 siswa dengan perincian 129 laki-laki dan 281 perempuan diberangkatkan oleh Kepala Madrasah menuju ke Bali. Kegiatan rutin kelas X MAN Jombang ini dalam rangka ujian praktek Ekstra Conversation. Ekstra wajib bagi siswa kelas X ini dipandegani guru-guru Bahasa Inggris MAN Jombang. Kegiatan yang bertajuk Bali Excursion 2016 kali ini kerjasama dengan Surya Wisata Tour & Travel dari Sidoarjo. Selain ke Bali, sebanyak 22 siswa juga diberangkatkan ke borobudur Jogja untuk kegiatan yang sama. Untuk rombongan ke Jogja di dampingi 2 orang guru dan seorang tutor.
Kegiatan Bali Excursion 2016 ini akan berkunjung ke tujuh destinasi di Bali dengan dua tempat utama untuk pelaksanaan ujian praktek speakingnya yakni Pantai Kuta dan Bedugul. Menurut M. Arief Hidayatullah siswa kelas X-Mia1 kegiatan ini sangat menyenangkan karena dapat menambah percaya diri siswa. Selain itu, siswa juga berani berkomunikasi dengan bahasa Inggris yang telah mereka pelajari selama setahun di MAN Jombang. "Saya sangat senang dengan kegiatan ini" lanjut siswa yang sudah dua kali berkunjung ke Bali ini.
Selain kegiatan praktek dengan orang asing, siswa juga diwajibkan untuk ujian lisan dengan mendeskripsikan tokoh, tempat, atau hal-hal menarik yang mereka tahu selama dalam perjalanan berangkat di Bis kemarin. Untuk ujian speaking di bis, langsung dinilai oleh guru atau tutor yang telah ditunjuk pada masing-masing bis. Sebagaimana hasil pantauan dilokasi, siswa siswi sangat antusias dalam ujian praktek ini. Dibawah terik matahari Pantai Kuta yang sangat menyengat kulit masing-masing kelompok berusaha kesana kemari untuk mencari turis asing. Orion salah satu turis dari Jerman yang sempat jadi sasaran praktek anak-anak MAN Jombang menuturkan bahwa ini cara yang baik untuk siswa agar berani dan punya percaya diri untuk mempraktekkan bahasa asing. "Kemampuan komunikasi siswa-siswi sangat bagus dan mereka sangat sopan" kesan perempuan yang juga berprofesi sebagai guru sekolah dasar di Jerman ini.
Menutup rangkaian kegiatan Bali study tour kali ini siswa diajak berziarah ke makam Habib Ali bin Umar Bafaqih yang berlokasi di Loloan Barat Kabupaten Negara. Kegiatan ziarah ini sekaligus untuk mengenalkan tokoh penyebar agama Islam di pulau Bali. Setelah berziarah dan Sholat jama' Ta'khir, rombongan yang terdiri dari delapan bis ini langsung menuju Rumah Makan Bidadari di lokasi yang tak jauh dari tempat ziaroh. Setelah menikmati makan malam rombongan langsung melanjutkan perjalanan pulang ke MAN Jombang. Rombongan diperkirakan akan sampai di Jombang pada hari Kamis pukul 06.00. (Sy)

0 komentar:

Posting Komentar