Pembinaan Komposting dan Bank Sampah Mandiri Prima Oleh BLH Jombang

Jumat, November 09, 2012 | , , ,

Hari ini Jum'at tanggal 9 Nopember 2012, MAN Jombang kedatangan tamu dari TIM Penilai Lomba Komposting BLH Jombang Jawa Timur. Tim Penilai ini datang dalam rangka pembinaan pengolahan lingkungan hidup di MAN Jombang. Tahun ini MAN Jombang tidak diikutkan dalam Lomba Komposting Kabupaten Jombang karena selama 3 tahun berturut sejak 2010 MAN Jombang selalu menjadi Juara I dalam kegiatan ini.



Meski hanya pembinaan, Pihak madrasah tetap memberikan sambutan hangat kepada tim penilai ini. Diawali dengan sambutan Regu Paduan Suara MAN Jombang di pintu gerbang MAN Jombang. Tampilan paduan suara yang kompak dan lincah menjadikan suasana siang yang panas jadi terlupakan dan senyuman para juri sambil menikmati tampilan lagu2 yang bertema lingkungan menjadikan suasana semakin akrab. Tim penilai yang terdiri dari 4 orang ini setelah itu diajak keliling MAN dengan didampingi para kader. Dua orang anggota tim diajak langsung menuju Rumah Komposting terpadu MAN Jombang. Dirumah komposting mereka telah ditunggu para kader yang sudah siap menjelaskan bagaimana proses komposting yang dilakukan di MAN Jombang.

Tahun ini rumah komposting terpadu MAN Jombang selain menggunakan tehnik takakura, pembuatan pupuk cair organik dari sampah buah-buahan yang busuk, mini komposter yang ditanam di dalam taman-taman didepan kelas serta dilengkapi dengan BIOGAS dengan sistem multi drum. Sampah organik yang ada di MAN Jombang juga diolah menjadi gas methan. Selain gas methan dalam proses pengolahan sampah dengan metode ini juga mengahasilkan kompos dan pupuk cair. Dalam acara pembinaan kali ini pihak BLH Jombang sangat salut dan puas dengan penjelasan kader lingkungan MAN Jombang dan meminta agar terus menigkatkan pengetahuan siswa-siswi MAN Jombang tentang pengolahan sampah dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Dua anggota lainnya langsung diajak para siswa pemandu ke Bank Sampah Mandiri Prima MAN Jombang. Setelah sampai di Bank Sampah mereka langsung disambut oleh dua siswa yang bertugas sebagai teller bank. Mereka menjelaskan secara detail bagaimana proses pendaftaran nasabah, penyetoran sampah dan sistem pembukuan yang dilakukan di Bank Sampah ini. Perlu diketahui masing-masing nasabah juga mendapatkan buku tabungan sebagaimana layaknya di bank-bank pada umumnya. Setelah itu tim penilai ini menuju rumah produksi kewirausahaan MAN Jombang. Ditempat ini para tim penilai mendapatkan penjelasan bagaimana proses pembuatan Es Cream dari ketela rambat dan pembuatan minuman sehat instant jahe dan temulawak. Mereka berdua juga sempat menikmati Es Cream hasil karya siswa-siswi MAN Jombang. Menurut Penanggung Jawab rumah produksi MAN Jombang Ibu Imliya'ul Faizah, es krim dan minuman kesehatan instant ini telah dipasarkan keluar baik dalam event pameran atau dititipkan di toko-toko dan melayani pemesanan dari masyarakat bahkan untuk pemasaran ditoko toko sampai  ke Kediri.
Tepat jam 11.15 menit seluruh tim penilai berkumpul diruang kepala madrasah untuk ramah tamah dan mengisi buku tamu. Dalam buku tamu tersebut wakil dari tim penilai menulis kesan tentang MAN Jombang sebagai berikut " Sangat bagus dan tolong ditingkatkan lagi". Setelah itu mereka berpamitan untuk melanjutkan penilaian di SMK Dwija Bakti yang berada tepat di sebelah utara MAN Jombang.

0 komentar:

Posting Komentar