Tim Kimia MAN Jombang Kembali Menoreh Prestasi Bergengsi dalam Ajang Olempiade Kimia

Selasa, Maret 17, 2015 |

Tim Kimia MAN Jombang kembali berhasil menorehkan prestasi. Tim yang terdiri dari 3 siswa ini pada Sabtu, 14 Maret 2015 berhasil menjadi Juara Harapan I dalam event Olimpiade Kimia dengan Judul Chem-is-try Our Best yang diadakan oleh Fakultas Farmasi UBAYA. Olempiade Kimia ini dilaksanakan dalam 3 tahap. Tahap “Pengerjaan Soal” tahap penyisihan ini dilakukan disekolah masing-masing peserta yang berasal dari berbagai propinsi di Indonesia ada yang dari ambon kalimantan dan jawa, tahap Rally Game yang dilaksanakan di Kampus UBAYA sekaligus sebagai babak semi final tahap ini menyisihkan 15 tim sekolah yang berhasil lolos babak penyisihan. Tahap terakhir yaitu cerdas cermat yg diikuti 6 tim terbaik. Tim MAN Jombang yang terdiri dari Hafid Ubay Ilyas, Maghfiri Tsania Bidaya, dan Nuraini Fitriana yang kesemuanya merupakan siswa kelas XI IPA 1 berhasil melalui semua tahapan dengan baik.
“Olimpiade saat ini sangat mengesankan dan juga melelahkan karena dalam tahap semi final dengan meggunakan Rally Game kami harus menjawab dengan cara mencari pertanyaan pertanyaan yang diletakkan dilantai dua kemudian kita harus turun kelantai dasar untuk menjawabnya.” Ujar Maghfiri Tsania Bidaya. Sementara itu, Hafid Ubay Ilyas, Juara I KSM 2015 bidang Kimia Wilker Surabaya di UIN Malang dan Juara I KSM bidang Kimia antar MA Se Kab Jombang beberapa hari yang lalu,  menuturkan, “Kami sangat puas dengan olimpiade kemarin dan kami dapat banyak pengalaman dari event kemarin. Yang mengesankan lagi kompetitor nya juga dari sekolah sekolah yang bonafit.”
Dalam Olimpiade yang memperebutkan hadiah uang tunai senilai 15 Juta ini keluar sebagai Juara I SMA Petra 4 Surabaya, disusul SMA Gloria Surabaya sebagai juara 2 dan Juara 3 diraih SMAN 5 Surabaya. Adapun yang menjadi Juara Harapan I MAN Jombang, harapan 2 SMA Nuris Surabaya, dan Harapan 3 SMA Petra 1 Sidoarjo.
Menurut Kepala MAN Jombang, H. Syamsul Ma’arif, S.Pd. M.Pd.I tahun ini tim kimia MAN Jombang benar-benar membanggakan karena 3 even besar di KSM 2015 baik tingkat wilker atau tingkat kabupaten kita selalu menjadi juara dan meraih prestasi. “Olempiade di UBAYA kemarin menunjukkan bahwa siswa-siswi MAN Jombang sudah mempunyai daya saing yang tinggi karena sudah bisa bersaing dengan sekolah-sekolah bonafit seperti Petra, Gloria dan SMAN unggulan di Surabaya. Dan yang lebih membanggakan tim kita ini satu-satu nya tim madrasah yang lolos masuk final” ujar beliau.
Tim Kimia MAN Jombang ini dibina oleh dua srikandi kimia manjo, ibu Sayyidah Jum’ati Rodliyah S.Pd dan  Dewi Muasyaroh S.Si, M.Si. Dibawah binaan mereka berdua tim ini secara tekun, ulet dan pantang menyerah mengikuti bimbingan setelah pulang sekolah. Dewi Muasyaroh , Alumni Pascasarjana ITS Jurusan Kimia ini,  menuturkan bahwa tim ini juga akan mengikuti Lomba KTI di salah satu Universitas Negeri di Malang bulan April mendatang dan memohon doa dari semua pihak agar bisa menorehkan prestasi lagi dalam kesempatan tersebut.
Raihan ini, tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuk kami, para guru dan seluruh civitas MAN Jombang. Idealisme guru dan kerja keras siswa menjadi padu sehingga memberikan hasil yang maksimal. Semoga apa yang diraih saat ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan dalam kompetisi yang sama ataupun dalam lomba dan kompetisi lainnya. Amin.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ALHAMDULILLAH.... MAJU TERUS MAN JOMBANG...

ubay ilyas mengatakan...

Alhamdulillah
Barakallah

Posting Komentar