MAN Jombang bersama sama FKK MAN Wilker Surabaya Bekerjasama dengan Islamic College of Thailand

Selasa, Maret 04, 2014 |


Seiring dengan akan terwujudnya program Masyarakat ASEAN pada AFTA 2015 yang akan datang, maka sudah selayaknya lembaga-lembaga di Indonesia juga harus menyiapkan diri. Hal ini yang menjadi dasar langkah awal Forum Kepala MAN se wilker Surabaya untuk melebarkan sayap untuk menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan di luar negeri. Sebagai lembaga pendidikan bercirikhas Islam maka dalam menjalin kerjasama pun MKK MAN wilker Surabaya juga mencari lembaga yang memiliki ciri khas yang sama. Islamic College of Thailand (ICT) menjadi pilihan untuk menjadi partner dan sisterschool dalam program ini. Untuk membuka jalur kerjasama ini melalui proses yang panjang. Pada Juni 2013 yang lalu semua Kamad MKK Wilker berkunjung ke Thailand dan mampir ke ICT untuk melihat kegiatan pendidikan dan pengajaran dilembaga ini.
Selepas kunjungan tersebut maka dijalinlah hubungan intensif antara pengurus MKK dengan pimpinan ICT.
Hasil dari komunikasi yang intensif tersebut maka di sepakati keluarga besar ICT akan melakukan kunjungan balasan ke Indonesia dengan membawa beberapa guru dan siswa. Pada tanggal 2-6 Februari rombongan dari ICT yang terdiri dari 12 siswa dan 16 guru tiba di Indonesia. kedatangan rombongan disambut pertama kali di KANWIL Kemenag Prov Jawa timur. Setelah itu rombongan melanjutkan perjalanan ke beberapa MAN anggota MKK wilker surabaya. Madrasah yang sempat dikunjungi adalah: MAN Tambak Beras dengan model berbasis pesantren. Berikutnya MAN Jombang yang merupakan madrasah non pesantren. Dalam kunjungannya di MAN Jombang para tamu disuguhi pertunjukan tradisional Indonesia seperti; tari remo, reog ponorogo, musik karawitan dengan campur sarinya. Setelah acara di MAN Jombang rombongan langsung menuju kota Malang untuk berkunjung ke UIN dan MAN 3 Malang.
Dalam acara kunjungan tersebut disepakati pula bahwa MKK MAN Wilker Surabaya akan melakukan kunjungan kembali ke ICT dalam rangka penanda tanganan MoU dan pertukaran budaya. Pada kunjungan kali ini rombongan dari MKK mengikut sertakan beberapa Kepala Madrasah, Guru dan Siswa . Rombangan yang berjumlah 42 orang tersebut bertolak dari Bandara Juanda pada hari Ahad, 16 Februari 2014. sampai di bandara international Don Mueang Thailand jam 11.00. Rombongan disambut bak tamu kehormatan dengan dikalungi rangkaian bunga masing-masing orang. Sambutan hangat ini tak hanya sampai disini. Selama perjalanan di Thailand selalu dikawal dengan Mobil Patwal Polisi Thailand. Kunjungan rombongan MKK di Thailand tidak hanya di ICT tetapi juga melakukan kunjungan di beberapa lembaga seperti Sekolah Kamalul Islam di Perkampungan Muslim, Dialog bersama Syaikhul ISlam Thailand, Kunjungan ke Masjid Daaros Sa'adah, Masjid Jawa, Panti Asuhan Muslim, dan Dabsirin School, sekolah tertua di thailand yang telah berhasil mencetak tokoh tokoh nasional Thailand dan tokoh tokoh internation.
Yang begitu mengharukan dalam kunjungan tersebut, meskipun umat muslim hidup sebagai kaum minoritas di Thailand tapi perhatian dan perlindungan kerajaan terhadap kehidupan umat muslim disana sangat besar. Semua siswa yang belajar di Sekolah-sekolah Islam juga mendapatkan beasiswa dari kerajaan. Lembaga-lembaga tersebut mendapatkan subsidi hingga 60% dari total kebutuhan setiap tahunnya.
Demikian sekilas perjalan kami dalam menjalin kerjasama antara ICT dengan MKK MAN wilker Surabaya yang mana Kepala MAN Jombang juga merupakan ketua Forum Musyawarah Kepala MAN sekaligus.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

Sip Min
Tapi postnya telat :)

MAN JOMBANG mengatakan...

makasih biar lambat asal dimuat. :-)

Unknown mengatakan...

Oke" Min
Kapan-kapan Mampir ya di Blog Kelas XQ

Posting Komentar